Darul Ishlah
Visi Dan Misi
Susunan Pengurus
No Rekening
Buku Tamu
Kegiatan
TPA
JADWAL PENGAJIAN RUTIN
Pembangunan Masjid
Konsep Pendanaan
Latar Belakang Rencana Proyek
LAPORAN KEUANGAN
No Rekening Proyek
Filosofi Bangunan DIMIC
PROPOSAL PEMBANGUNAN MASJID
DOKUMENTASI PEMBANGUNAN MASJID
Rubrik
Seputar Dunia Islam
Syariah Dan Hukum Islam
Al Ishlah di Media
Kisah Islami
Taushiyah
Artikel Terakhir
Aa Gym: Empat Pilar Tauhid
Mamah Dedeh: Keluarga Islami, Keluarga Harmonis
"Cashierullah"
Login

Username
Password

Register
Forgot Password
Statistik Situs
  Visitors : 177764 visitors
  Hits : 11948 hits
  Month : 873 users
  Today : 78 users
  Online : 8 users
Poll
Website Darul Ishlah menurut Anda:

Bagus
Lumayan
Jelek

   
PROPOSAL PEMBANGUNAN MASJID

MUKADIMAH

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Sesungguhnya segala puji hanyalah milik Allah SWT. Kita memohon pertolongan-Nya dan ampunan serta perlindungan-Nya dari segala keburukan dan kelemahan. Barangsiapa yang diberi hidayah-NYA, tidak ada sesuatu pun yang dapat menghalangi, dan barangsiapa yang tidak mendapat hidayah, tidak ada sesuatu pula yang mampu menolongnya. Subhanallahi walhamdulillahi walaa ilaha illallah wallahu akbar. 

Sholawat dan salam semoga dilimpahkan kepada Nabi Muhammad SAW, yang telah menyampaikan risalah-Nya, memberi nasehat dan membawa umat menuju kesempurnaan hidup lahir batin, dunia akhirat. Kita berharap termasuk umatnya yang mendapat syafa’at Beliau, nanti di Yaumil Akhir. Amin 

Bersama ini kami sampaikan proposal singkat ke hadapan Bapak dan Ibu, dengan maksud  sebagai media untuk menjelaskan rencana pembangunan masjid yang juga akan berfungsi sebagai  mini Islamic center yang kami beri nama Darul Ishlah Mini Islamic Center (DIMIC). Tentunya kami berharap, partisipasi nyata berupa dukungan moril dan materil, sebagai salah satu waqaf, infaq dan sodaqah jariyah bagi Bapak dan Ibu. Kami berdo’a, semoga keikhlasan Bapak dan Ibu menjadi jalan menuju ketaqwaan dan Insya Allah Bapak dan Ibu termasuk golongan orang-orang yang sesuai dengan hadits Nabi yaitu: orang-orang yang akan dibangunkan sebuah istana di surganya Allah, karena telah membangun rumah Allah dimuka bumi ini. Amiin Yaa Rabbal’alamin. 

Billahittaufiq wal hidayah

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

BSD City, 21 Oktober 2007 / 7 Syawal 1428 H

------------------------------------------------------------------

I. LATAR  BELAKANG

Berangkat dari adanya kebutuhan tempat ibadah bersama bagi warga muslim BSD City sektor 1.2 Extension, 1.3 Utara, 1.4, dan sekitarnya maka pada tahun 1997 dibangunlah sebuah mushola yang lokasinya sementara menumpang di lahan milik pengembang BSD City.  Untuk mendukung kegiatan mushola tersebut maka dan pada tanggal 18 April 1997 dibentuk Yayasan Al’ Islah oleh warga muslim 1.2 ext. sebagai payung hukum sekaligus sebagai pengelola sarana ibadah tersebut.

Setelah berlalu lebih dari 10 (sepuluh) tahun serta melihat perkembangan kegiatan ibadah, jumlah jamaah, dan kegiatan pendidikan TPA, kondisi fisik mushola saat ini dinilai tidak memadai lagi untuk menampung seluruh kegiatan jamaah. Terlebih lagi status lahan mushola adalah pinjam sementara.

 

Musholla saat ini di atas tanah pinjaman

 

Foto: Musholla saat ini yang dibangun di atas tanah pinjaman

Melihat kondisi di atas  serta sejalan dengan perubahan undang-undang mengenai yayasan, maka pada tanggal 11 April 2007 dididirikan Yayasan Darul Islah. Yayasan ini dibentuk untuk mengelola kegiatan masjid yang berfungsi juga sebagai sarana ibadah serba guna atau mini Islamic center.

Semangat jihad ini terus bergelora, agar mendapatkan sponsor yang mendukung terlaksananya pembangunan masjid. Untuk itu kita berdo’a kepada Allah, mudah-mudahan semangat ini menjadi ibadah yang diterima oleh Allah.  Masjid yang dibangun dan Insya Allah akan menjadi pusat pembinaan dan pendidikan umat direncanakan bernama Darul Ishlah Mini Islamic Center (DIMIC).

 

II .  TENTANG YAYASAN DARUL ISLAH

Dalam rangka mengelola rencana pembangunan Darul Islah Mini Islamic Center, maka didirikanlah Yayasan Darul Ishlah pada tanggal 11 April 2007 sesuai dengan Akte nomor 08 dibuat di hadapan Notaris Lilis Alwiah.

II.1. Visi dan Misi Yayasan

Visi

“Menjadi pusat pembinaan umat dalam mencapai kesejahteraan dunia dan akhirat, di bawah naungan Ridho Allah (Mardhatillah)”

Misi

"Memfasilitasi pembinaan Aqidah, Ibadah, Akhlak dan Muamalah umat, berbasiskan keluarga, dengan mengutamakan keteladanan dan kepemimpinan”

 

II.2. Pedoman dan Prinsip Dasar Yayasan

Yayasan didirikan sekurang-kurangnya memiliki 4 dimensi yakni :

- Menjaga kemurnian akidah sesuai Al Qur’an dan Al Hadits sebagai dasar berpijak.

- Mengutamakan kekeluargaan dalam persatuan  pada kebenaran yang bersifat hakiki.

- Fokus dalam kegiatan untuk menjadi spesialis di bidangnya dalam ibadah yang bersifat muamalah.

- Menjalin kerja sama strategis yang bermanfaat, bersinergi dalam penyebaran syiar.

 

II.3. Manajamen dan Struktur Organisasi Yayasan   

Dewan Pembina

Ketua              : Ir. H. Gumelar Adi Saputra

Anggota          : Sutopo Shattar

                        Imendri

                        H. Sjafrial

           

Badan Pengawas        

Ketua              : H. Rohana Yusa

Anggota          : Lilik Harsono

                        Gunadi Widya Handaka

                        H. Abdul Halim Said

                        Heinrich Stekkinger

                        Ahmadsyah Sidik

                        Dwinanto Daru Priyono

 

Pengurus

Ketua Umum             : H. Budi Darmito

Ketua I                     : Sigit Tri Handojo

Ketua II                      : H. Nasrul Amar Harahap

Sekr. Umum                : H. Fahmi Azmiar

Sekretaris                    : Ridwan Ry

Bendahara Umum       : H. Raden Hendrawan

Bendahara                   : Himawan Brahmantyo                     

 

II.4. Kegiatan Yayasan

Kegiatan yang telah dilaksanakan antara lain :

- Sholat berjamaah

- Ceramah Subuh

- Penyaluran Zakat, Infaq, dan Sedekah

- Taman Pendidikan Al Quran

- Pengajian Keluarga

 

III. RENCANA PEMBANGUNAN DIMIC

III.1. Fungsi

Selain untuk menampung kegiatan yang telah berjalan selama ini, maka DIMIC nantinya akan memiliki fungsi tambahan sosial kemasyarakatan sebagai berikut:

- Pembinaan dan Pengembangan Keluarga Mualaf

- Balai Pertemuan

- Kegiatan Warga

 

III.2. Lokasi DIMIC

Di atas lahan Fasiltas Sosial dan Fasilitas Umum yang terletak di Sektor  1.2 Ext - 1.3 Utara yang kurang terawat, yayasan bermaksud membangun satu komplek peribadahan terintegrasi yang berfungsi sebagai masjid lengkap dengan sarana taman serta fasilitas penunjang kegiatan sosial.

DIMIC dibangun setelah mendapat izin Pemda Kabupaten Nomor : 593/ 2395-Peng.As/2007 tertanggal 29 Oktober 2007, di atas lahan umum antara sektor 1.2 ext (RW 06) dan Sektor 1.3 Utara (RW 11) Kelurahan Rawa Buntu yang kurang berfungsi serta tidak terawat. Rencana bangunan fisik DIMIC terdiri dari 2 lantai dimana lantai bawah berfungsi sebagai ruang serba guna dan lantai atas sebagai tempat ibadah.

III.3. Biaya dan Tahapan Pembangunan DIMIC

Yayasan menyadari sepenuhnya bahwa untuk mewujudkan niat dan cita - cita di atas tidak mudah, oleh karena itu prioritas pertama yang dilaksanakan oleh Yayasan adalah membangun Masjid Darul Ishlah terlebih dahulu, yang memang  sangat diperlukan keberadaannya untuk menggantikan fungsi mushola.

III.3.1. Biaya  Pembangunan

Luas bangunan DIMIC adalah ± 800 m2 dengan harga perkiraan pembangunan permeter persegi sebesar Rp 3.400.000,- (tiga juta empat ratus ribu rupiah) .

Untuk melaksanakan pembangunan sarana dimaksud, ditetapkan dua tahapan proyek yaitu :

III.3.2. Tahap I (Proyek  Jangka Pendek)

Tahap I meliputi pembangunan bagian utama masjid untuk mengganti fungsi musholla lama Al Ishlah, yang luas maupun letaknya sudah tidak cukup memadai untuk kegiatan jamaah. Dalam tahap ini juga dilakukan proses untuk mengubah status sebagian lahan Taman Lotte menjadi status wakaf.

Diperkirakan biaya yang akan dibutuhkan kurang lebih Rp. 1.900.000.000,-. (satu milyar sembilan ratus juta rupiah).

III.3.3. Tahap II (Proyek Jangka Panjang)

Tahap II meliputi pembangunan suatu komplek terpadu dengan kapasitas yang memadai guna menampung kegiatan jama’ah muslim yang ada di kawasan sektor I.2 Ext , I. 3 Utara  , I.4  BSD dan sekitarnya. Dalam tahap ini juga dilakukan pembangunan berbagai sarana keperluan DIMIC seperti gudang peralatan, taman/ruang terbuka, serta peralatan seperti  tata suara, tata udara, dan lain – lain.

Biaya untuk pembangunan tahap II diperkirakan sebesar  Rp 700.000.000,-  (tujuh ratus juta rupiah).

III.3.4. Total Biaya Proyek

Dari penjelasan di atas, maka total biaya yang dibutuhkan untuk menyelesaikan seluruh tahap pembangunan DIMIC adalah sebesar Rp. 2.600.000.000,- (dua milyar enam ratus juta rupiah)

 

Rencana Masjid Darul Ishlah / DIMIC

 

Gambar Rencana Masjid Darul Ishlah / DIMIC 

 

IV.  SUMBER DANA PEMBANGUNAN

Dana pembangunan DIMIC akan dihimpun dari jama’ah dan warga sekitar serta berasal dari pihak lain baik perseorangan maupun lembaga yang peduli dengan pembinaan akhlak masyarakat.

Bagi Anda yang berkeinginan meluangkan rezeki dan turut serta membantu pembangunan DIMIC, kami membuka kesempatan bagi anda untuk beramal jariyah dengan cara sebagai berikut :

a.Wakaf

Bagi anda yang akan berwakaf untuk pembangunan DIMIC beserta sarana penunjangnya, tersedia pilihan “Deposito Akhirat“ dengan nominal Rp 1.000.000,-,  Rp. 5.000.000.-, dan Rp.10.000.000,-.

b. Infaq

Bagi anda yang akan berinfaq untuk pembangunan DIMIC dapat langsung mentransfer dana ke rekening bank sesuai tercantum di bawah atau melalui petugas kami.

 

NO REKENING PROYEK PEMBANGUNAN

> Bank Muamalat Indonesia Cabang BSD City

Nomor Rekening: 303 20662 22 a.n.  R. Hendrawan and Muh. Shonhaji A.

> BNI Syariah Cabang BSD City

Nomor Rekening: 0132744199 a.n.  R.Hendrawan.

 

Untuk informasi lebih lanjut silahkan menghubungi Sekretariat Yayasan Darul Islah

Alamat            : Jalan Salvia I Blok UJ - 22  Sektor I.2 Ext. BSD City

Telepon           : +62-21- 934 4975.

E-mail              : darul.ishlah@yahoo.co.id

Website           : www.darulishlah.or.id


 
Darul Ishlah © 2008 - powered by Smart Media.